PELATIHAN KAPASITAS KADER POSYANDU

  • Oct 21, 2022
  • Syamarik

(SUKAMAHI)- Posyandu yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia secara empirik telah dapat meratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak. Kegiatan bulanan di Posyandu merupakan kegiatan rutin yang bertujuan antara lain untuk memantau pertumbuhan berat badan balita dengan menggunakan Kartu Menuju Sehat (KMS), memberikan konseling gizi, serta memberikan pelayanan gizi dan kesehatan dasar.Kareana dalam Menjalankan tugasanya kader posyandu juga perlu adanya peningkatan kapasitas kader tersebut, Di Desa Sukamahi Sendiri Peningkatan Kapsitas Kader dilaksanakan setiap bulan baik melalui pertemuan rutin juga melakuakan pembinaan peningkatan Kapasaitas seperti pada hari ini SELASA 27 OKTOBER 2020 bertempat di Aula Kantor Desa Sukamahi.

 

Kegiatan yang dimotori oleh Bidan Desa (Lena Yuliana) dan Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Sukamahi, Bapak Camat Megamendung, Sekretaris Kecamatan,Sekretaris Desa Sukamahi (Ketua POKJA Desa Sukamahi), Danramil Megamendung-Cisarua,Bidan Megamendung, Ketua TP-PKK Kecamatam Megamendung,Ketua TP-PKK Desa Sukamahi dan tentunya dihadiri oleh Kader Posyandu Se-Desa Sukamahi.

 

 Kegiatan bertujuan Untuk meningkatkan dan mengingatkan kader posyandu  Bidan Desa  ( Lena Yuliana ) menyampaikan  Tugas pokok dan fungsi agar selalu menjadi pegangan Semua Kader  diantaranya: 
1. Memberitahukan hari dan jam buka posyandu kepada masyarakat;
2. Menyiapkan peralatan untuk penyelenggaraan posyandu sebelum pelaksanaan Posyandu (buku catatan, KMS, alat peraga);
3. Melakukan pendaftaran bayi, balita, ibu hamil, dan ibu usia subur yang hadir di posyandu;
4. Melakukan penimbangan bayi dan balita;
5. Mencatat hasil penimbangan pada KMS;
6. Melakukan penyuluhan perorangan kapada ibu-ibu dimeja IV; dan
7. Melakukan kunjungan rumah untuk melakukan penyuluhan khususnya pada bumil, ibu yang mempunyai bayi/balita, pasangan usia subur.

  Peningkatan kapasitas kader posyandu sangatlah penting untuk memberikan pengetahuan tentang tugas dan peran kader posyandu, sehingga diharapkan kedepan pelayanan posyandu akan lebih baik,
Kader posyandu sebagai perpanjangan tangan Puskesmas dalam memantau tumbuh kembang anak harus berperan lebih aktif untuk menciptakan generasi muda yang lebih produktif.

  Semoga Dengan pengorbanan kader kesehatan didesa dapat meningkatkan taraf kesehatan masyrakat Desa Sukamahi Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor. (Sukamahi-27 Oktober 2020)